lulus S1, what’s next?

Pada udah tau belom setelah lulus s1 terus mau ngapain? Jujur aja, kalau saya sendiri sih masih bingung. Sebenernya pilihan orang sih rata-rata antara kerja, bisnis, atau ngambil S2, atauu jangan – jangan ada yang maulangsung kawin lagi. hehe. Semua ga ada yang salah kok, tergantung pilihan orang masing-masing. Tapi, setelah lulus S1, kayanya bakal menentukkan jalan hidup kita banget deh. Menentukkan masa depan kita, mau kita bawa kemana hidup kita ini, mau jadi apa nantinya.

Dari dulu sih emang cita-citanya ingin kerja di multinational company. Saya sih pengennya tetep di Indonesia. Padahal sih harusnya kalau mimpi tuh kan setinggi-tingginya ya. Cuma untuk saat ini, target saya belum sampai tinggal di negri orang. Karena kalau tinggal di luar negri, untuk selamanya, kayanya masih belum bisa deh. Masih belum bisa meninggalkan negara tercinta, terutama keluarga tercinta. Tapi, kalau ada tawaran kerja di luar negri untuk beberapa tahun, sangat mungkin saya terima. Walaupun saya masih mikirin get some – lose some nya..

Tetapi, yang bikin saya bingung banget karena tuntutan dari beberapa orang, khususnya orang tua saya dan kakek saya. Orang tua saya ingin sekali saya meneruskan bisnisnya di bidang properti. Padahal saya sama sekali ngga ngerti soal properti, dan saya belum kepikiran untuk jadi pebisnis. Masih mikir buat kerja di multinational company dan meniti karir disana, hingga mendapatkan gaji tinggi. Soalnya, jujur aja saya bukan tipe orang yang risk-taker. Tetapi, emang persaingannya kuat banget sih, dan saya juga ga tau apa saya bisa survive ato ngga. Kesannya pesimis banget ya? Yah, maklum maish belum tau persaingan di dunia nyata sana. Lalu, karena tuntutan orang tua itu, saya menjadi semakin bingung. Karena, kalau bukan saya dan kakak saya yang meneruskan perusahaannya, lalu siapa yang meneruskan? Apa rela perusahaan ayah saya nanti sukses dibawa sama anak orang lain? Saya juga jadi mikir, dan kasian juga kalau perusahaan ayah saya harus berhenti karena anak2nya tidaka ada yg mau ngelanjutinnya.

Ada lagi, tuntutan dari kakek saya untuk mengambil S2, lebih baik lagi kalau sampai S3. Karena, sampai saat ini belum ada yang dapat diwarisi toga S2nya. Maka beliau berharap sekali pada saya atau kakak saya untuk menjadi S2. Saya emang target harus sampai S2, tapi saya masih bingung kapan itu. Apa setelah S1 langsung, atau setelah kerja, atau bahkan setelah udah stable? Banyak yang dipikirin. Banyak yang bilang gelar sekarang udah ga terlalu diliat, yang penting work experience. Tapi, banyak juga yang bilang gelar bisa menentukkan di level/posisi mana orang akan ditempatkan. Jujur lagi, kalau setelah S1 langsung S2, ada faktor iri dengan teman-teman yang sudah memiliki penghasilan sendiri dan usaha sendiri *sekarang aja udah mulai ngiri. Tetapi, sang kakek selalu berkata, lebih baik cepat dapat uang tapi hanya segitu2 aja, atau dapat uangnya nanti tapi langsung ke level tinggi? wah semakin membuat dilemma.

Huiih bingung. Saya sampai sekarang masih belum tahu apa yang aka terjadi setelah saya lulus. Mungkin saya akan melamar di perusahaan property yang sudah sukses, lalu mengambil pelajaran dari sana, untuk akhirnya meneruskan perusahaan ayah saya. Tapi, mungkin juga saya langsung mengambil S2. Huih. Who knows? Only God and time..

Advertisements

1 Comment

Filed under Uncategorized

One response to “lulus S1, what’s next?

  1. YOU’VE BEEN TAGGED!

    baca postingan terbaru gw yeee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s